Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel pada Excel

A. Pengertian Sel pada Microsoft Excel

Sel di Excel adalah irisan atau intersection dari suatu baris yang direpresentasikan dalam angka dan kolom dalam huruf yang kemudian diidentifikasi dengan nama sel atau alamat sel. Misalkan irisan dari baris 3 dengan kolom B akan membentuk sel dengan alamat sel B3. Alamat sel pada Excel dapat dilihat pada “Name Box” pada Workbook Microsoft Excel. Sedangkan pengertian “range” pada Excel adalah sekelompok sel yang diidentifikasi dengan alamat sel dari sel awal ke sel akhir. Range terkait hubungannya dengan alamat sel yang terdiri relatif, semi absolut, dan sel absolut.

Cara Memasukkan Data pada Sel Microsoft Excel

Berikut ilustrasi sel B3 dan cara memasukkan data ke workbook di Microsoft Excel.

Sel pada Microsoft Excel
Sel pada Microsoft Excel

Berikut langkah-langkah memasukkan data pada sel Excel.

  1. Pilih Sel dengan mouse atau keyboard (menggunakan Tab untuk berpindah kolom, Enter berpindah baris dan tombol arah)
  2. Masukkan data langsung pada Workbook atau melalui Formula Bar
  3. Tekan Ctrl+Enter untuk menyimpan isi data atau tombol TabEnter atau arah untuk menyimpan dan berpindah Sel

B. Pengertian Range pada Microsoft Excel

Range adalah sekumpulan sel yang diidentifikasi dengan nama sel sebagai alamat sel di kiri atas dan alamat sel di kanan bawah. Misalkan anda akan memilih range pada lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Menggunakan drag mouse
    • Klik salah satu sel tanpa dilepas
    • Drag ke sel berikutnya
  2. Menggunakan keyboard
    • Pilih salah satu sel
    • Tekan Shift tanpa dilepas
    • Arahkan dengan tombol arah pada keyboard untuk memilih entri range

Berikut shortcut keyboard yang dapat anda gunakan untuk memilih range dengan keyboard.

Shortcut Keyboard Fungsi / Kegunaan
Ctrl+Space Memilih semua entri dari kolom aktif
Shift+Arah lalu Ctrl+Space Memilih semua entri dari multi kolom aktif
Shift+Space Memilih semua entri dari baris aktif
Shift+Arah lalu  Shift+Space Memilih semua entri dari baris kolom aktif
Shift+Arah Cara biasa memilih sel range
Shift+Ctrl+Home Memilih sel dari sel aktif ke sel awal (A1)
Shift+Ctrl+End Memilih sel dari sel aktif ke sel terakhir yang berisi data
Ctrl+A atau Ctrl+Shift+Space Memilih seluruh sel pada lembar kerja aktif

C. Alamat Sel pada Microsoft Excel (Relatif, Semi Absolut, dan Absolut)

Alamat sel adalah nama sel yang mengidentifikasi sel dalam baris dan kolom. Penggunaannya alamat sel sering digunakan untuk membentuk pola suatu formula terhadap data-data dalam worksheet. Ini sering digunakan saat akan mengunci sel pada Excel. Terdapat 3 alamat sel, yaitu alamat sel relatif, semi absolut, dan absolut.

Alamat Sel Relatif Excel

Alamat sel relatif Excel adalah alamat sel yang berubah-ubah sesuai dengan letaknya, sehingga alamat sel akan berubah jika di-copy ke sel lainnya. Secara default alamat sel Microsoft Excel bersifat relatif.

Alamat Sel Semi Absolut Excel

Alamat sel semi absolut Excel adalah alamat sel yang bersifat absolut di satu pembentuknya saja baik kolom atau baris, absolut berarti mempunyai nilai tetap (tidak berubah). Untuk membuat alamat sel menjadi semi absolut anda dapat menambahkan sebelum kolom atau baris yang akan dibuat absolut.

Misalkan:
A$2 ⇒ baris 2 dibuat absolut, baris 2 bersifat tetap
$A2 ⇒ kolom A dibuat absolut, kolom A bersifat tetap

Alamat Sel Absolut Excel / Mengunci Sel Pada Excel

Alamat sel absolut adalah alamat sel yang bersifat absolut pada kolom dan barisnya sehingga alamat sel tidak pernah berubah jika di-copy ditempat lain. Untuk membuat sel menjadi absolut, tambahkan karakter $ sebelum kolom dan baris alamat sel.

Contoh: D2=$A$2+B2, baris dan kolom di alamat sel $A$2 bersifat absolut.

Referensi: Advernesia.com

 17,535 total views,  1 views today