Membuat Kustom List dan Menggunakan AutoFill pada Excel

AutoFill pada Excel adalah fitur yang berfungsi untuk mengisi sel secara otomatis berdasarkan pola data pada sel-sel lainnya. Fitur AutoFill memungkinkan pengguna untuk duplikasi data, membuat barisan data serta membuat barisan kustom yang telah didefinisikan pengguna sebelumnya. Fitur ini sering digunakan dengan formulasi alamat sel untuk menghitung dengan cepat menggunakan Microsoft Excel. Berikut tutorial cara membuat kustom list dan cara menggunakan AutoFill pada Excel.

A. Cara Menggunakan AutoFill pada Microsoft Excel

Apabila data yang dilakukan AutoFill adalah sel tunggal atau bukan range, data akan dilakukan duplikasi oleh fitur Autofill Pada Microsoft Excel. Anda juga dapat menggunakan AutoFill Options Button untuk memberikan perintah khusus pada Microsoft Excel.

B. Cara Membuat Barisan Data dengan AutoFill pada Excel

  1. Buatlah pola data pada setiap sel minimal 2 data yang dapat mewakili barisan data baik berupa barisan aritmatika maupun barisan string misalnya nama hari (default bahasa inggris)
  2. Blok pola data
  3. Lakukan drag range data secara vertikal maupun horizontal sesuai pola range data
  4. Lepaskan mouse saat barisan data yang diperlukan sudah tampil

C. Cara Menggunakan AutoFill pada Formula Alamat Sel Excel

Alamat sel berfungsi untuk mengunci index data sel pada sel lainnya saat dilakukan perintah Copy, Cut, Paste, dan AutoFill.

  1. Buatlah masing-masing range data yang akan dihitung
  2. Buatlah satu sampel formula Excel
  3. Lakukan teknik AutoFill pada sampel formula Excel
  4. Lepaskan mouse saat barisan data yang diperlukan sudah tampil

D. Cara Membuat Kustom List pada AutoFill Microsoft Excel

Anda dapat membuat kustom list sehingga Microsoft Excel mengetahui maksud barisan data yang akan diisi pada sel berikutnya. Hal ini tentunya dapat mempercepat pekerjaan Anda. Berikut merupakan cara untuk menambah kustom list.

  1. Klik Tab Menu File pada Ribbon dan Pilih Options
  2. Pada dialog Excel Options Klik Advanced
  3. Scroll ke bawah pada bagian General klik Edit Custom Lists 
  4. Biarkan keyboard hover pada “NEW LIST” dan masukkan list data tiap baris pada kolom List Entries
  5. Klik OK pada Jendela Custom List
  6. Klik OK pada jendela Excel Options
  7. Kustom list anda berhasil ditambahkan. Selengkapnya…

 1,017 total views,  29 views today