Rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK

Rumus Excel COUNTIF, COUNTIFS, COUNTA, dan COUNTBLANK adalah fungsi (function) yang digunakan untuk menghitung banyaknya data (COUNT). Formula menggunakan rumus tersebut hampir sama dengan membuat formula COUNT. Berikut masing-masing kegunaan dari rumus tersebut.

RumusKegunaan
COUNTMenghitung jumlah sel/cell yang terisi data angka.
COUNTAMenghitung jumlah sel/cell yang terisi data angka maupun teks.
COUNTIFMenghitung jumlah sel yang terisi data dan memenuhi suatu kriteria.
COUNTIFSMenghitung jumlah sel yang terisi data dengan pengujian kriteria bertingkat atau lebih dari satu kriteria / COUNTIF Bertingkat
COUNTBLANKMenghitung jumlah sel yang tidak terisi data.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

A. RUMUS FUNGSI COUNT

COUNT berfungsi untuk menghitung banyaknya sel yang terisi data angka saja. Berikut sistematika rumus COUNT.

=COUNT(range1,sel1,...)
=COUNT(A2:A4,A6:A8)

B. Rumus Fungsi COUNTA

Rumus COUNTA pada Microsoft Excel digunakan untuk menghitung banyaknya sel yang berisi data, baik data angka maupun teks. Berikut sistematika rumus COUNTA.

=COUNTA(range1,sel1,...)
=COUNTA(A1:A4)

C. Rumus Fungsi COUNTIF

COUNTIF pada Microsoft Excel digunakan untuk menghitung banyaknya data pada sel yang memenuhi kriteria tertentu. Berikut sistematika COUNTIF

=COUNTIF(range,criteria)
  • range pada COUNTIF yang akan dihitung.
  • criteria adalah ekspresi yang berisi operasi logika, teks atau angka yang akan diujikan pada range. Berikut cara membuat kriteria pada COUNTIF
ContohFormulaTipe
Menghitung banyaknya kata “AKU”“Aku” atau “aku” dllTeks/Tidak membedakan huruf besar dan kecil
Menghitung banyaknya angka 2“2”Numerik
Menghitung banyaknya angka lebih besar dari 2“>2”Operasi Logika

Berikut beberapa cara penulisan criteria pada Microsoft Excel.

Peraturan penulisan criteria numerik dan logika
CriteriaFungsiContoh
=sama dengan“=100”
>lebih besar“>100”
<lebih kecil“<100”
<>tidak sama“<>100”
>=lebih besar / sama“>=100”
<=lebih kecil / sama“<=100”
hanya <>Not Blank“<>”
Peraturan criteria teks dan wildcard criteria
CriteriaFungsiContoh
” “Mencocokkan teks identik“teks”
“teks*”Mencocokkan teks dengan awalan“ad*”
“*teks”Mencocokkan teks dengan akhiran“*esia”
“?”Mencocokkan jumlah karakter teks“???”
“*teks*”Mencocokkan teks yang memuat karakter“*verne*”
“~*”Mencocokkan teks yang memuat tanda asterisk (*)“Lulus~*”
“~?”Mencocokkan teks yang memuat tanda tanya (?)“Apa~?”

Peraturan referensi sel dalam criteria

Untuk referensi suatu sel ke dalam criteria dapat menggunakan operator &. Misalnya membuat criteria lebih dari sel A1, dapat dibuat criteria: ">"&A1.

D. Rumus Fungsi COUNTIFS atau COUNTIF Bertingkat

Rumus COUNTIFS pada Microsoft Excel adalah rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya sel yang memenuhi lebih dari satu pengujian kriteria data. Berikut sistematika formula COUNTIFS.

=COUNTIFS(criteria_range1,criteria1, [criteria_range2, criteria2],...)
  • criteria_range1 adalah range pertama yang diujikan serta dihitung banyaknya.
  • criteria1 adalah ekspresi yang diujikan pada crtiteria_range1.
  • [criteria_range2,criteria2] adalah pasangan kriteria ke-dua yang diujikan, begitu juga seterusnya.
  • Apabila semua kriteria terpenuhi, sel iterasi criteria_range1 akan dimasukkan dalam perhitungan. Begitu pula iterasi berikutnya.
=COUNTIFS(B2:B11,"p",C2:C11,"memasak")

E. Rumus Fungsi COUNTBLANK

Rumus COUNTBLANK adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung banyaknya sel kosong dalam suatu range. Sistematika formula COUNTBLANK

=COUNTBLANK(range)
=COUNTBLANK(E1:E9)

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda. Selengkapnya…

 12,562 total views,  29 views today