Pengertian, Cara Membuat, & Menggunakan Pivot Table di Excel

A. Pengertian Pivot Table atau Tabel Pivot

Pivot Table adalah fitur Microsoft Excel yang paling powerful memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Pivot Table dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan.

B. Tombol Perintah PivotTable di Microsoft Excel

Tombol perintah PivotTable terletak pada ribbon Insert tepatnya pada grup perintah Tables. Selain itu terdapat juga perintah Recommended PivotTables sebagai rekomendasi untuk memilih tabel pivot.

C. Cara Membuat Pivot Table di Microsoft Excel

Untuk membuat tabel pivot anda cukup menyorot satu sel yang termuat pada tabel atau range yang akan digunakan sebagai Pivot Table. Microsoft Excel dapat melakukan analisis secara otomatis terhadap sel yang disorot untuk menentukan tabel yang memuat sel tersebut.

D. Cara Menggunakan Drag Fields Area: Filters, Columns, Rows, dan Values pada Pivot Table

Fitur Drag Fields Area digunakan untuk membuat Pivot Table yang lebih leluasa dibandingkan menggunakan teknik mencentang seperti di atas. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menentukan urutan baris tabel dan kolom tabel dengan melakukan drag.

  1. Filters Area Filters Area digunakan untuk menampilkan Pivot Table untuk data tertentu. Anda dapat melakukan filter lebih dari satu item dengan mencentang Select Multiple Items.
  2. Columns Area Column Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan kolom pada Pivot Table.
  3. Rows Area Rows Area digunakan untuk menambah/mengurangi dan mengurutkan baris pada Pivot Table.
  4. Values Area Values Area digunakan untuk melakukan eksekusi tertentu terhadap kategori data, misalnya COUNT (data teks) dan SUM/TOTAL (data numerik).

E. Melakukan Refresh Pivot Table

Saat range yang dijadikan Pivot Table mengalami perubahan data, Pivot Table yang telah dibuat sebelumnya harus dilakukan Refresh. Pivot Table tidak dapat melakukan perubahan data secara otomatis. Untuk melakukannya anda dapat melakukan langkah berikut,

  1. Klik salah satu tabel Pivot
  2. Klik ribbon Analyze kemudian pilih Refresh Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard Alt+F5.

F. Menghapus Pivot Table

Anda dapat menghapus tabel pivot dengan menyorot tabel yang telah dibuat lalu tekan Delete. Selengkapnya…

 324 total views,  5 views today