Cara Membuat Pivot Table dari Beberapa Sheet di Excel

Pada tutorial sebelumnya, telah dipelajari cara membuat pivot table sederhana yang terdiri dari satu sheet. Namun, biasanya data yang berjumlah besar dalam suatu workbook memiliki beberapa sheet yang saling berhubungan. Sehingga diperlukan konsolidasi data, untuk membuat tabel tersebut. Berikut cara membuat pivot table dari beberapa sheet untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

A. Menampilkan Perintah PivotTable and PivotChart Wizard

Sebelum memulai membuat pivot table dari beberapa sheet, perlu ditampilkan tombol perintah “PivotTable and PivotChart Wizard”. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik “∇” pada Quick Access Toolbar Microsoft Excel
  2. Pilih “More Commands”
  3. Pada kolom “Choose command from” pilih “All Commands”
  4. Cari “PivotTable and PivotChart Wizard”
  5. Klik “Add >>” lalu “OK”
  6. Perintah “PivotTable and PivotChart Wizard” berhasil ditampilkan

B. Membuat Tabel Pivot dari Beberapa Sheet yang Berbeda

Setelah tombol perintah “PivotTable and PivotChart Wizard” dapat diakses, barulah kita dapat membuat tabel pivot dari beberapa sheet dengan mudah dalam satu workbook.

Langkah-langkah membuat tabel pivot:
  1. Klik tombol “PivotTable and PivotChart Wizard”
  2. What is the data that you want to analyze? Pilih jenis data “Multiple Consolidation ranges” pada jendela PivotTable and PivotChart Wizard.
  3. What kind of report do you want to create? Pilih jenis laporan “PivotTable” pada jendela PivotTable and PivotChart Wizard. Klik “Next
  4. How many page fields do you want? Pengguna dapat membuat sampai 4 page fields untuk menampilkan pivot table. Pilih “Create a single page field” untuk membuat 1 tabel pivot.
    1. Create a single page field for me (membuat otomatis)
    2. I will create the page fields (membuat manual)
    3. Klik “Next” untuk melanjutkan
  5. Memilih range data pada setiap sheet Blok range data tiap sheet, kemudian klik “Add”. Lalu Klik “Next” setelah memilih setiap range pada masing-masing sheet yang akan dijadikan tabel pivot.
  6. Memilih lokasi tabel pivot yang akan dibuat
  7. Terdapat 2 opsi lokasi tabel pivot yang akan dibuat
    1. New worksheet: untuk membuat pada worksheet baru
    2. Existing worksheet: untuk membuat pada worksheet yang ada dengan menentukan alamat sel dari tabel pivot.
  8. Klik “Finish” Selengkapnya…

 6,144 total views,  21 views today