Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2023/2024

Pendaftaran Mahasiswa Baru Reguler


Syarat dan Ketentuan

  1. Berasal dari SMA/SMK/MA/sederajat yang Lulus pada 3 Tahun Terakhir (Tahun Akademik 2023/2024 yang diterima adalah Lulusan SMA/Sederajat tahun 2021, 2022, 2023)
  2. Memiliki Ijazah SMA/sederajat
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Berkelakuan baik dan tidak dalam ketergantungan Narkoba
  5. Tidak Buta Warna untuk beberapa Program Studi tertentu

Tata Cara Pendaftaran

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.uma.ac.id dan calon mahasiswa harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisi.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran : calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menggunakan transfer bank ke  nomor Virtual Account Bank Mandiri yang tertera di formulir pendaftaran, calon mahasiswa dapat menggunakan Bank Mandiri atau bank lainnya. Simpan bukti pembayaran.
  3. Tes Potensi Akademik : calon mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, selanjutnya dapat melakukan Tes Potensi Akademik (TPA) secara online Akses login tertera pada formulir pendaftaran.
  4. Pengisian Data Lengkap : calon mahasiswa harus mengisi data diri secara lengkap sesuai dengan Ijazah/SKHU, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Pengisian data lengkap dapat dilakukan secara online dan askses login data lengkap tertera pada formulir pendaftaran.
  5. Verifikasi Berkas dan Penerbitan NIM : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke Kampus I dan Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan tahap I dan atau biaya administrasi lainnya atau dengan memilih untuk melakukan penerbitan NIM secara online pada aplikasi www.pmb.uma.ac.id .

Persyaratan Berkas Pendaftaran

Calon mahasiswa yang akan melakukan verifikasi berkas harus melengkapi persyaratan berkas mahasiswa baru sebagai berikut :

  • melampirkan fotocopy Ijazah SLTA/sederajat yang dilegalisir sebanyak 3 lembar (bagi calon mahasiswa yang baru tamat dan belum mendapatkan ijazah, dapat melampirkan fotocopy SKHU dari sekolah yang dilegalisir sebanyak 3 lembar)
  • melampirkan fotocopy SHUN/Transkip Nilai yang dilegalisir sebanyak 3 lembar
  • melampirkan pas photo berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • melampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing sebanyak 3 lembar
  • melampirkan fotocopy Akta Kelahiran sebanyak 3 lembar
  • membawa materai 10.000 sebanyak 3 lembar
  • melampirkan kwitansi bukti pembayaran uang pendaftaran (pembayaran melalui Virtual Account)

Pembayaran Tahap Pertama

Calon mahasiswa yang akan melakukan verifikasi berkas dengan datang langsung ke Kampus I atau Kampus II akan diikuti dengan melakukan pembayaran tahap pertama. Pembayaran tahap pertama disesuaikan dengan pemilihan program studi dan pemilihan kelas, adapun rinciannya sebagai berikut :

  1. Membayar biaya pendidikan Tahap I sesuai dengan nominal cicilan pada setiap Fakultas
  2. Membayar biaya administrasi Kelas Pagi (B) : khusus calon mahasiswa yang mengambil kelas Pagi (B)
  3. Membayar biaya administrasi Kelas Sore/Malam : khusus calon mahasiswa yang mengambil kelas Sore/Malam

Pembayaran tahap pertama dilakukan di Bagian Keuangan Kampus I dan Kampus II. Setelah melakukan pembayaran tahap pertama, maka calon mahasiswa mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan hak-haknya sebagai Mahasiswa Universitas Medan Area.

Pemilihan Kelas

Ketika melakukan pengisian formulir pendaftaran, calon mahasiswa akan menemukan kolom pemilihan kelas, berikut ini penjelasan mengenai jenis Kelas yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa:

  1. Pagi (A) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus I, kecuali Fakultas Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi) perkuliahan dilakukan di Kampus II
  2. Pagi (B) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus II, tetapi Kantor Akademik Fakultas berada di Kampus I. Kelas Pagi (B) hanya untuk beberapa Program Studi saja yaitu : Hukum, Psikologi dan Ilmu Komunikasi
  3. Sore/Malam : merupakan kelas yang perkulihannya dilakukan di Kampus II. Kelas Sore/Malam hanya di buka untuk beberapa Program Studi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Manajemen, Hukum dan Psikologi.

Pendaftaran Mahasiswa Melanjutkan Kuliah


Kriteria Mahasiswa Melanjutkan Kuliah

Calon mahasiswa melanjut harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Berasal dari Perguruan Tinggi yang terdaftar pada Dirjen DIKTI dan terakreditasi BAN-PT
  2. Memiliki Ijazah Diploma dan Transkip Nilai Akademik dari Perguruan Tinggi Asal
  3. Lulus pada 5 Tahun Terakhir (Tahun Akademik 2023/2024 yang diterima adalah Lulusan Diploma Tahun 2018, 2019, 2020, 2021, 2022)
  4. Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) dengan status “Lulus”
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Perguruan Tinggi asal minimal 2.75 skala 4.00
  6. Berkelakuan baik dan tidak dalam ketergantungan Narkoba
  7. Mendapat persetujuan dari Rektor Universitas Medan Area berdasarkan Surat Permohonan Melanjut Kuliah yang diajukan Calon Mahasiswa

Tata Cara Pendaftaran

  1. Surat Permohoan Melanjutkan Kuliah : calon mahasiswa harus membuat surat permohonan melanjut yang ditujukan ke Rektor Universitas Medan Area. Surat permohonan melanjut harus melampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan Rektor, yaitu : fotocopy ijazah DI, DII, atau DIII, fotocopy Transkip Nilai Akademik, fotocopy Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran, serta print out status Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI).
  2. (Setelah Mendapat Persetujuan) Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.uma.ac.id dan harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisii
  3. Pengisian Data Lengkap : calon mahasiswa dapat mengisi data diri secara lengkap sesuai dengan Ijazah, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Pengisian data lengkap dapat dilakukan secara online dan askses login data lengkap tertera pada formulir pendaftaran.
  4. Verifikasi Berkas : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke Kampus I dan Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan tahap I dan atau biaya administrasi lainnya.

Persyaratan Berkas Pendaftaran

Calon mahasiswa melanjut yang akan melakukan verifikasi berkas harus melengkapi persyaratan berkas mahasiswa baru sebagai berikut :

  1. menunjukkan ijazah DI, DII, DIII atau DIV/S1 dan transkip nilai akademik asli
  2. melampirkan fotocopy ijazah DI, DII, DIII atau DIV/S1 yang dilegalisir sebanyak 3 lembar
  3. melampirkan fotocopy Transkip Nilai yang dilegalisir sebanyak 3 lembar
  4. melampirkan fotocopy ijazah SLTA/Sederajat yang dilegalisir sebanyak 3 lembar
  5. melampirkan pas photo berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  6. melampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing sebanyak 3 lembar
  7. melampirkan fotocopy Akta Kelahiran sebanyak 2 lembar
  8. membawa materai 10.000 (3 lembar)

Pemilihan Kelas

Ketika melakukan pengisian formulir pendaftaran, calon mahasiswa akan menemukan kolom pemilihan kelas, berikut ini penjelasan mengenai jenis Kelas yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa:

  1. Pagi (A) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus I, kecuali Fakultas Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi) perkuliahan dilakukan di Kampus II
  2. Pagi (B) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus II, tetapi Kantor Akademik Fakultas berada di Kampus I. Kelas Pagi (B) hanya untuk beberapa Program Studi saja yaitu : Hukum, Psikologi, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi
  3. Sore/Malam : merupakan kelas yang perkulihannya dilakukan di Kampus II. Kelas Sore/Malam hanya di buka untuk beberapa Program Studi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi

Pembayaran Tahap Pertama

Calon mahasiswa yang akan melakukan verifikasi berkas dengan datang langsung ke Kampus I atau Kampus II akan diikuti dengan melakukan pembayaran tahap pertama. Pembayaran tahap pertama disesuaikan dengan pemilihan program studi dan pemilihan kelas, adapun rinciannya sebagai berikut :

  1. Membayar biaya pendaftaran
  2. Membayar biaya pendidikan Tahap I sesuai dengan nominal pada cicilan setiap Fakultas
  3. Membayar biaya administrasi Melanjutkan : sesuai dengan ketentuan
  4. Membayar biaya penyetaraan peringkat akreditas : apabila akreditasi program studi awal di bawah peringkat akreditasi program studi yg diminati
  5. Membayar biaya administrasi Kelas Pagi (B) : khusus calon mahasiswa yang mengambil kelas Pagi (B)
  6. Membayar biaya administrasi Kelas Sore/Malam : khusus calon mahasiswa yang mengambil kelas Sore/Malam

Pembayaran tahap pertama dilakukan di Bagian Keuangan Kampus I dan Kampus II. Setelah melakukan pembayaran tahap pertama, maka calon mahasiswa mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan hak-haknya sebagai Mahasiswa Universitas Medan Area.


Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister


Sistem Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru Program Magister Universitas Medan Area dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Pendaftaran secara online melalui website Pendaftaran  Mahasiswa Baru dengan alamat website http://pmb.uma.ac.id
  2. Datang langsung ke Kampus II Universitas Medan Area, dengan membawa semua persyaratan dan biaya administrasi pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi dapat dilihat di website : http://pasca.uma.ac.id

Syarat Pendaftaran

A. Peserta

  • Lulusan Program Diploma IV dan atau Lulusan Program Sarjana
  • Memiliki toefl ≥ 450
  • Bagi lulusan Luar Negeri diharuskan mengunggah Surat Penyetaraan Ijazah dari Dikti dan melampirkan buktinya.

B. Persyaratan

  • Lulus Pendidikan Program Diploma IV (DIV)
  • Lulus Pendidikan Program Sarjana Strata 1 (S1)
  • Memiliki ijazah dan transkip nilai akademik
  • Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan status LULUS
  • Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terdaftar pada Dirjen DIKTI dan terakreditasi BAN-PT
  • Lulus Tes Potensi Akademik

C. Berkas Pendaftaran

  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan disertai lampiran sebagai berikut :
    • Legalisir ijazah DIV dan atau S1 sebanyak 4 lembar
    • Legalisir transkip nilai akademik sebanyak 4 lembar
    • Pas photo : 4 x 6 (4 lembar), 3 x 4 (4 lembar), 2 x 3 (2 lembar)
    • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Mengisi Rekomendasi Kelayakan Akademik

Uraian Proses Pendaftaran

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebagai proses pendaftaran mahasiswa baru program magister :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.uma.ac.id dan calon mahasiswa harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisi.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran : calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menggunakan transfer bank ke  nomor Virtual Account yang tertera di formulir pendaftaran, calon mahasisa dapat menggunakan Bank BNI, atau bank lainnya.
  3. Verifikasi Berkas : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke  Bagian Pendaftaran Pascasarjana di Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan semester pertama.
  4. Pengisian Data Lengkap : Bagian Pendaftaran Pascasarjana akan memberikan sebuah buku formulir pendaftaran kepada calon mahasiswa yang harus menulis isian data tersebut secara lengkap.
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Matrikulasi : Selanjutnya calon mahasiswa diarahkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik dan Matrikulasi yang sudah dijadwalkan

Kelas Perkuliahan

Perkuliahan program Magister Universitas Medan Area terbagi menjadi 3 kelas, yaitu Kelas Reguler AKelas Reguler B dan Reguler C yang dilaksanakan di Kampus II atau gedung Pascasarjana UMA yang berada di Jl. Setia Budi Medan

Kelas – A

  • Jumat                  : 17.00 – 21.00 WIB
  • Sabtu                  : 09.00 – 14.00 WIB
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.

Kelas – B                                                               

  • Senin – Rabu      : 17.00 – 21.00 (Sore)
  • Senin – Rabu      : 09.00 – 13.00 (Pagi)*
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.

Kelas – C

  • Sabtu                  : 09.00 – 16.00 WIB
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Doktor


Sistem Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru Program Doktor Universitas Medan Area dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Pendaftaran secara online melalui website Pendaftaran  Mahasiswa Baru dengan alamat website http://pmb.uma.ac.id
  2. Datang langsung ke Kampus II Universitas Medan Area, dengan membawa semua persyaratan dan biaya administrasi pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi dapat dilihat di website : http://doktor.pertanian.uma.ac.id

Syarat Pendaftaran

A. Peserta

  • Konsentrasi Agroteknologi (Mahasiswa memiliki bidang ilmu dalam rumpun ilmu pertanian yaitu : pertanian, kehutanan, perkebunan, perikanan, peternakan)
  • Konsentrasi Agribisnis (Mahasiswa memiliki bidang ilmu dalam rumpun ilmu pertanian dan ekonomi)

B. Persyaratan

  • Lulus Pendidikan Program Magister (S2)
  • Lulus Tes Potensi Akademik (TPA)
  • TOEFL ≥500 atau jika belum mencapai harus memiliki sebelum seminar hasil.
  • Mendapat 3 rekomendasi dari 2 dosen pembimbing dan atasan
  • Mempunyai draft proposal/sipnosis.
  • Lulus wawancara

C. Berkas Pendaftaran

  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan disertai lampiran sebagai berikut :
    • Legalisir ijazah S1 dan S2 sebanyak 4 lembar
    • Legalisir transkip nilai akademik S1 dan S2 sebanyak 4 lembar
    • Pas photo : 4 x 6 (4 lembar), 3 x 4 (4 lembar), 2 x 3 (2 lembar)
    • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Mengisi Rekomendasi Kelayakan Akademik dari 2 dosen pembimbing dan atasan

Uraian Proses Pendaftaran

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebagai proses pendaftaran mahasiswa baru program doktor :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.pasca.uma.ac.id dan calon mahasiswa harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisi.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran : calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menggunakan transfer bank ke  nomor Virtual Account yang tertera di formulir pendaftaran, calon mahasisa dapat menggunakan Bank BNI, atau bank lainnya.
  3. Verifikasi Berkas : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke  Bagian Pendaftaran Pascasarjana di Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan semester pertama.
  4. Pengisian Data Lengkap : Bagian Pendaftaran Pascasarjana akan memberikan sebuah buku formulir pendaftaran kepada calon mahasiswa yang harus menulis isian data tersebut secara lengkap.
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Wawancara : Selanjutnya calon mahasiswa diarahkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik dan Tes Wawancara yang sudah dijadwalkan
  6. Matrikulasi : Calon mahasiswa wajib mengikuti matrikulasi yang sudah dijadwalkan

 982 total views,  2 views today