Cara Menggunakan Rumus CONCATENATE pada Excel serta Contohnya

Rumus CONCATENATE adalah fungsi teks (functional text) yang digunakan untuk menggabungkan teks (string) atau angka. Umumnya, fungsi CONCATENATE sering digunakan untuk menggabungkan tanggal dengan tempat dan membuat rumus terbilang sehingga menjadi satu string. Berikut cara menggunakan rumus CONCATENATE pada Excel.

A. Cara Membuat Rumus CONCATENATE Excel

Berikut sistematika penulisan rumus CONCATENATE pada Excel,

=CONCATENATE(text1[text2][text3], …)

  • text1[text2][text3], … adalah teks yang akan digabungkan dalam suatu sel.
  • text dapat ditulis langsung dengan diapit tanda petik (“contoh”).
  • text dapat berupa referensi alamat sel yang akan digunakan.
  • Tanda pemisah argumen dengan koma dapat digantikan dengan tanda &.
  • Maksimum argumen text yang dapat digunakan adalah 255 argument.
  • Hasil maksimal yang dapat dikeluarkan adalah 8.192 karakter.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

B. Cara Menggunakan Rumus CONCATENATE pada Excel

Contoh Dasar Rumus CONCATENATE

Akan digabungkan teks pada sel A1 dengan teks 456 pada sel B1

=CONCATENATE(A1, "456")

Sehingga diperoleh hasil 123456. Selengkapnya…

 1,769 total views,  2 views today